Cara memulai bisnis

Tulisan ini adalah kelanjutan dari tulisan sebelumnya tentang https://nyonyaika.wordpress.com/2016/01/04/resolusi-2016/

Mungkin bereberapa diantara para pembaca setia blog saya penasaran atau malah tertarik untuk memulai dunia usaha? Bisnis online ? tapi masih takut-takut memulainya, mungkin tulisan dibawah ini dapat memberi sedikit pencerahan untuk anda:

Sebelum memulai usaha sebaiknya tanya ke diri sendiri beberapa pertanyaan mendasar dibawah ini :

  1. Apa yang saya sukai ?
  2. Kalau saya harus jualan , nah jualan apa yang saya pahami sepenuhnya dan dapat saya jalani tanpa beban?
  3.  Apakah keluarga di sekitar saya mendukung usaha saya ini ?

 

3 poin pertanyaan diatas adalah hal yang paling mendasar bagi setiap pengusaha apapun. Dan ini lah jawaban saya akan 3 pertanyaan di atas.

 

  • Apa yang saya sukai ?

         Saya suka sekali jualan padahal saya bukan berasal dari Padang dan   tidak ada satu pun dari keluarga saya pedagang . Saya percaya bakat itu hanya 1% sedangkan 99% lainnya adalah kemauan, niat dan usaha pantang menyerah.

  •  Apakah keluarga di sekitar saya mendukung usaha saya ini ?

Alhamdulilah suami dan anak-anak saya mendukung banget , karena dengan dukungan keluarga terdekat masalah sebesar apapun akan lebih mudah di selesaikan bersama. Dulu pertama jualan online orangtua saya yang sangat pesimis karena keluarga kami tidak ada satu pun yang pernah jualan (gak ada bakat dagang) padahal saya yakin sekali alaupun di keluarga saya tidak ada bakat dagang mungkin saya adalah pionir nya. Dan alhamdulilah sekarang terbukti kan.

  • Kalau saya harus jualan , nah jualan apa yang saya pahami sepenuhnya dan dapat saya jalani tanpa beban?

Nah untuk menjawab pertanyaan yang satu ini agak ribet karna apa yang saya sukai banyak banget. Dan karena itulah jualan saya macem-macem , tapi sekali lagi untuk anda pemula sebaiknya pilih satu usaha yang paling disukai. Kalau saya :

  1. Suka jajan, makan, dan masak: jadilah bisnis keluarga saya di bidang jajanan Jepang Korea . Gak punya toko tapi kami selalu pindah dari bazar satu ke bazar lainnya. Festival Jejepangan atau Korea pasti kami hadir sebagai pengisi tenant.
  2. Suka banget pakai kaos garis-garis : Berawal dari suka banget pakai kaos garis-garis akhirnya jadi supplier khusus kaos bergaris

follow di Instagram garistripe : https://www.instagram.com/garistripe

3. Suka bikin desain untuk hiasan dinding : Biasanya cuma dipajang dirumah atau dikantor nah karna banyak yang bilang lucu jadi deh jualan baru

4.Saya tiap hari pakai jilbab : Nah sekarang lagi nyobain produksi jilbab sendiri. Nah sekarang masih dalam tahap produksi, doakan semoga cepat selesai yaa

Ingat ya semua harus berdasar dari apa yang kita sukai, bukan yang orang lain sukai, misal saya sangat tidak tertarik pada sepatu, make up, dan tas ketika banyak temen minta saya jualan tas dan sepatu hasilnya runyam. Rugi besar karena saya menjalankannya tidak sepenuh hati dan memang tidak ada rasa tertarik sedikit pun saat menjalaninya. Semoga kejadian ini tidak terulang pada kalian ya.

*Tips kalau lagi galau suka nya apa , coba ambil kertas tulis semua yang ada di kepala anda, trus pilih 3 teratas tru saraing lagi jadi 2 atau 1 pilihan.

Setelah segala pertanyaan itu di jawab mari kita melangkah ke pertanyaan selanjutnya

MODAL ??? ini merupakah hal yang paling ditakuti banyak orang ketika memulai usaha.

Apakah ada bisnis tanpa modal tapi bukan MLM ? ada dong

Apakah bisa dikerjakan di rumah cm modal hp aja ? bisa

Tapi yang terpenting bukan itu tapi NIAT dan USAHA

Selain itu dari awal bisnis sebaiknya di pisah uang untuk rumah tangga dan untuk bisnis jadi ketahuan hasilnya gak sia-sia karena kecampur sama keuangan rumah tangga

Ayo semangat berbisnis seperti kata Hadist

“Sembilan dari sepuluh pintu rejeki ada dalam perdagangan”.

 

Salam Sukses untuk anda

-Nyonya Ika-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

