Tips Mencatat Pengeluaran Harian Setiap Hari

Mengawali tahun 2015 ini saya mempunyai kebiasaan baru yaitu mencatat seluruh pengeluaran keluarga saya hingga sampai hal terkecil. Tujuannya agar setiap bulan dan setiap tahun dapat memperoleh gambaran secara nyata apa saja yang terjadi dengan keuangan keluarga kita. Kebocoran apa saja yang sering terjadi dalam keuangan rumah tangga saya. Inspirasi ini saya peroleh ketika membaca buku favorit saya . “Cantik, Gaya dan tetap Gaya “ & “Make It Happens” keduanya merupakan buah karya dari perencana keuangan terkenal Prita Ghozie.

cantik gaya tetap kaya         make it happen

Jujur awalnya sangat malas sekali harus mencatat segala pengeluaran ini. Namun dengan tekad yang bulat akhirnya menjadikan kegiatan ini sebagai sebuah rutinitas penting dan menyenangkan.

Dan inilah beberapa tips dari saya untuk anda yang ingin membuat catatan pengeluaran bulanan:

  1. Komunikasikanlah dengan pasangan anda tentang niat ini. Agar saling membantu. Suami saya selalu dengan sukarela melaporkan tiap hari apa saja pengeluarannya dan berapa pendapatan hari itu. Suami saya meskipun PNS juga dosen dan penulis di berbagai surat kabar jadi pendapatannya berbagai macam
  2. Awalilah di tanggal 1 setiap bulan, untuk memudahkan membaca. Dan tidak ada kata terlambat untuk memulainya
  3. Tentukan kapan waktu yang tepat dimana anda bisa menuliskan semuanya ( kalau sudah rutin hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit. Tidak ada alasan tidak mempunyai waktu luang). Tentukan jam yang jelas. Misalkan seperti saya setiap jam 7.30 pagi
  4. Tentukan dimana tempat yang nyaman untuk mengerjakan hal ini. Kalau saya di kantor merupakan tempat ternyaman
  5. Tentukan anda akan mencatatnya menggunakan apa. Kalau saya menggunakan Excel yang tentunya saya beri password
  6. Tiap akhir bulan di review berapa persen yang bisa kita investasikan, berapa persen pengeluaran kita, dan berapa persen untuk hiburan dll
  7. Jika anda bekerja Senin-Jumat maka hari Sabtu Minggu libur nah saya biasanya mencatat segala pengeluaran saya di HP lalu hari senin pagi saya pindahkan semuanya ke excel.

Apa hasil yang saya dapatkan selama ini setelah mencatat seluruh pengeluaran saya hingga hal terkecil ?

  1. Saya baru tahu kalau jumlah pengeluaran “jajan/makan diluar” sangat besar
  2. Ternyata dana yang saya anggarkan untuk kebutuhan nonton film bersama keluarga sangat kurang. Pengeluaran untuk hiburan sangat besar
  3. Jumlah investasi saya masih tergolong kecil dibandingan dengan segala tujuan financial saya. Dan ini membuat semangat saya dalam berinvestasi
  4. Saya baru menyadari ternyata dengan autodebet membuat saya lebih terkontrol dalam berinvestasi dibandingkan saya harus menyetor sendiri. Lebih banyak lupa nya atau menunggu dana sisa
  5. Meskipun mengaku tidak gampang tertarik pada belanja namun ternyata pengeluaran saya pribadi ternyata besar. Dan ini harus lebih dihemat
  6. Dengan adanya inflasi turut mempengaruhi jumlah belanja bulanan
  7. Semakin semangat untuk mencari penghasilan tambahan demi investasi untuk saya dan keluarga saya di masa depan

Dan semuanya ini saya dapati setelah saya mencatat seluruh pengeluaran saya hingga hal terkecil. Ayo semangat mencatat segala pengeluaran anda.

Saya lampirkan tabel excel (catatan keuangan harian.xls)  yang dapat  anda download dan dapat anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan anda.

catatan keuangan harian

Tidak ada kata terlambat untuk memulainya. Kapan waktu yang tepat ? Mulailah sekarang.

Terimakasih telah membaca blog saya

Salam Sukses

-Nyonya Ika –

One thought on “Tips Mencatat Pengeluaran Harian Setiap Hari

Leave a Reply

